• 08123070905
  • mutupendidikan.info@gmail.com

Cara Meningkatkan Keterampilan Konseptual

Cara Meningkatkan Keterampilan Konseptual

Cara Meningkatkan Keterampilan Konseptual

Cara Meningkatkan Keterampilan Konseptual

Keterampilan konseptual adalah kemampuan individu untuk mengenal, mengelola & memanfaatkan konsep-konsep yang kompleks dan abstrak secara efektif. Meliputi keterampilan individu untuk mengenali pola, hubungan, informasi dan ide-ide yang rumit. Keterampilan memahami abstraksi, generalisasi & membuat inferensi (penalaran yang cermat). 

Keterampilan konseptual (conceptual skills) juga meliputi keterampilan untuk melakukan visualisasi (membayangkan) dan menerapkan konsep-konsep secara praktis. Ketrampilan ini sangat penting pada banyak bidang seperti bisnis, teknologi, sains, matematika,  dan seni, di mana konsep-konsep kompleks sering dibutuhkan. 

Dengan meningkatkan keterampilan konseptual, individu dapat menjadi lebih efektif dalam problem solving dan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi-situasi yang rumit.

Pengelola lembaga pendidikan perlu memiliki keterampilan konseptual, sehingga mereka dapat melakukan perencanaan dengan baik, menyusun strategi, visi dan misi yang tepat. Melalui Sistem Penjaminan Mutu (SPMI) ide-ide konseptual yang brilian dapat diterapkan dalam perencanaan strategis lembaga pendidikan.

Pada Perguruan Tinggi, terdapat 5 manual PPEPP yang digunakan untuk meningkatkan mutu standar pendidikan. Manual pertama adalah manual penetapan standar. Melalui manual penetapan standar, pimpinan perguruan tinggi dapat mengimplementasikan ide-ide konseptual yang dimilikinya.

Meningkatkan Keterampilan Konseptual

Meningkatkan keterampilan konseptual individu dapat melalui cara-cara berikut:

  1. Praktek menerapkan konsep: Menerapkan konsep dalam keseharian dapat membantu individu memperkuat pemahaman dan semakin terbiasa untuk membuat perencanaan jangka panjang.
  2. Rajin tukar pikiran dan berdiskusi: Dialog dengan pihak lain tentang topik-topik yang sama dapat membantu memperoleh ide-ide dan sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkuat pemahaman mereka tentang topik-topik tersebut.
  3. Membuat rangkuman dan mind mapping: Membuat rangkuman tentang apa yang dipelajari dan dipahami dapat membantu individu memperkuat pemahaman mereka topik-topik yang ditekuni. Mind Mapping juga dapat dipakai untuk mengembangkan ide-ide baru yang inovatif.
  4. Membaca & Menulis: Rajin membaca buku, journal atau artikel yang berkaitan dengan topik yang ingin dipahami dapat memperkuat keterampilan konseptual. Rajin menulis tentang topik tertentu, juga dapat membantu memperkuat pemahaman konseptual.
  5. Membuat pertanyaan: Rajin membuat pertanyaan, akan membuat seseorang menjadi lebih paham  tentang ide konsep yang ingin dipelajari. Individu yang memiliki keterampilan konseptual sering dan terbiasa membuat pertanyaan-pertanyaan yang mendalam. 
  6. Rajin berlatih: Keterampilan konseptual juga perlu dilatih secara terus menerus. Pemimpin lembaga pendidikan sangat dianjurkan berlatih secara teratur untuk memperkuat keterampilan konseptual mereka.
  7. Ikut seminar / workshop / kursus / pelatihan: Menghadiri forum-forum ilmiah dengan topik yang ingin dipahami dapat membantu individu memperoleh informasi, dan menemukan cara-cara baru untuk memperkuat keterampilan konseptual mereka.

Baca juga: SPMI dan Keterampilan Konseptual


Instagram: @mutupendidikan

Info Pelatihan Mutu Pendidikan

admin

MOTTO: Senantiasa bergerak dan berempati untuk menebar manfaat bagi Mutu Pendidikan di Indonesia

    ×

    Layanan Informasi

    × Hubungi Kami