• 628123070905
  • mutupendidikan.info@gmail.com

Pelatihan SPMI Sinkronus & Asinkronus

Pelatihan SPMI Sinkronus & Asinkronus

Pelatihan SPMI Sinkronus & Asinkronus

“Pelatihan SPMI Sinkronus & Asinkronus”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Saat ini Mutu Pendidikan telah menyelenggarakan pelatihan SPMI dengan pendekatan daring (online). Dengan metode ini, diharapkan pelatihan SPMI menjadi lebih mudah dan praktis tanpa harus bertemu secara tatap muka. Disaat pandemi seperti saat ini, kegiatan tatap muka secara langsung masih belum dianjurkan, belajar secara daring merupakan pilihan alternatif.

Dalam penyelenggarakan pelatihan  SPMI daring seperti saat ini, tim narasumber menggunakan kombinasikan 2 metode belajar/ pendekatan, yakni metode sinkronus dan asinkronus. Apa keunggulan dan kelemahan masing-masing? Berikut akan diuraikan satu persatu.

Sinkronus & Asinkronus
  • Metode Asinkronus: Dalam metode ini, narasumber dapat menyiapkan materi lebih awal, interaksi pembelajaran dapat dilakukan secara lebih fleksibel. Kegiatan belajar, tidak harus dalam waktu yang bersamaan, contohnya: Video dapat diputar diwaktu longgar, forum diskusi atau media belajar mandiri lainnya.
  • Metode Sinkronus: Dalam metode ini, interaksi pembelajaran antara narasumber dengan peserta belajar harus dilakukan pada waktu yang sama, kedua belah pihak harus menyediakan waktu yang bersamaan untuk saling berinteraksi, misalnya menggunakan percakapan/ chatting, atau video conference.
Keunggulan Asinkronus
  • Waktu lebih fleksibilitas, proses pelatihan/ belajar mengajar dapat disesuaikan dengan kecepatan belajar, waktu yang tersedia dan kondisi masing-masing. Narasumber dapat menyiapkan materi lebih awal, sehingga kualitas materi diharapkan lebih baik.
  • Waktu belajar yang fleksibel memungkinkan peserta pelatihan dan tim narasumber untuk berpikir lebih mendalam sebelum menyampaikan pendapat melalui forum diskusi. Hal ini dapat meningkatkan proses belajar serta keterlibatan kognitif masing masing pihak.
Kelemahan Asinkronus
  • Dengan adanya delay / waktu yang berbeda dalam interaksi, beresiko membuat peserta pelatihan merasa kurang dekat dengan narasumber dan dengan sesama peserta lainnya.
  • Dapat terjadi perbedaan persepsi/  pemahaman terkait materi. Hal ini karena sedikitnya kesempatan interaksi langsung antara peserta dengan narasumber.
Keunggulan Sinkronus
  • Adanya interaksi belajar secara langsung, kondisi ini dapat meningkatkan kedekatan antar tim narasumber dengan peserta pelatihan. Keunggulan lain peserta dapat terhindar dari perasaan terisolasi.
  • Terjalinnya komunikasi langsung dapat mengurangi/ meminimalisir terjadinya perbedaan persepsi/ pemahaman.
Kelemahan Sinkronus
  • Narasumber dan peserta pelatihan harus hadir di waktu yang bersamaan. Tentu saja hal ini dapat menyulitkan penjadwalan/ mengelolaan waktu.
  • Kegiatan pelatihan dapat mengalami kendala bila ada gangguan akses terhadap wifi atau jaringan internet yang kuat.

Untuk membantu memfasilitasi kegiatan belajar mengajar, baik yang sifatnya sinkronus maupun asinkronus, Lembaga Mutu Pendidikan menyediakan layanan LMS ( Learning management System) yang handal. Dimana layanan LMS ini menyediakan berbagai fitur untuk mendukung proses belajar mengajar baik secara sinkronus ataupun asinkronus. Fasilitas tersebut seperti; forum, Chatting, diskusi, latihan, tugas, video, webinar seperti zoom,  dan lain sebagainya.

Demikian sekilah info tentang layanan Pelatihan SPMI Sinkronus & Asinkronus. Bila ingin mengunjungi kegiatan pelatihan SPMI online ini, silahkan klik pada tautan berikut ini:

Info Pelatihan Mutu Pendidikan

Demikian, semoga uraian singkat ini bermanfaat.

خَيْرُالناسِأَنْفَعُهُمْلِلناسِ


Instagram: @mutupendidikan

admin

MOTTO: Senantiasa bergerak dan berempati untuk menebar manfaat bagi Mutu Pendidikan di Indonesia

%d blogger menyukai ini: