• 628123070905
  • mutupendidikan.info@gmail.com

8 Prinsip Manajemen Mutu

8 Prinsip Manajemen Mutu

8 Prinsip dalam SMM ISO 9001:2008

Bapak /Ibu penggerak SPMI/SPMP,

Untuk memahami makna dan filosofi manajemen mutu ISO 9001:2008, berikut kami upload materi  tentang 8 Prinsip manajemen mutu, yang terdiri dari:

  1. FOKUS PADA PELANGGAN

Organisasi/ lembaga pendidikan bergantung pada pelanggan mereka, karena itu manajemen organisasi harus memahami kebutuhan pelanggan sekarang & yang akan datang. Organisasi harus memenuhi kebutuhan pelanggan dan giat berusaha melebihi harapan konsumen atau pelanggan.

  1. KEPEMIMPINAN

Pemimpin Lembaga Pendidikan harus menetapkan kesatuan tujuan dan arah dari organisasi. Mereka harus menciptakan dan memelihara lingkungan internal organisasi agar SDM yang ada dapat menjadi terlibat secara penuh dalam pencapaian tujuan- tujuan organisasi.

  1. KETERLIBATAN ORANG

Orang/ karyawan lembaga pendidikan pada semua tingkatan merupakan faktor yang sangat penting dari suatu organisasi dan keterlibatan mereka secara penuh akan memungkinkan produktifitas mereka digunakan untuk manfaat organisasi.

  1. PENDEKATAN PROSES

Suatu proses dapat didefinisikan sebagai integrasi sekuensial dari orang, material, metode, mesin dan peralatan, dalam suatu lingkungan guna menghasilkan nilai tambah output bagi pelanggan.

  1. PENDEKATAN SISTEM TERHADAP MANAJEMEN

Identifikasi, pemahaman dan pengelolaan, dari proses- proses yang saling berkaitan (suatu sistem), akan memberikan kontribusi nilai tambah pada efektifitas dan efisiensi organisasi dalam mencapai tujuan- tujuannya.

  1. PENINGKATAN TERUS MENERUS

Perbaikan terus-menerus (Kaizen) dari kinerja organisasi secara keseluruhan harus menjadi tujuan tetap dari Institusi Pendidikan. Kaizen didefinisikan sebagai suatu proses sebagai suatu proses  yang berfokus pada upaya terus- menerus meningkatkan efektifitas dan atau efisiensi organisasi untuk memenuhi kebijakan dan tujuan dari organisasi pendidikan tersebut.

  1. PENDEKATAN FAKTUAL DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN

Keputusan (Decision Making) yang efektif adalah keputusan yang berdasarkan pada analisis data dan informasi untuk menghilangkan akar penyebab masalah, sehingga masalah- masalah kualitas dapat terselesaikan secara tepat sasaran.

  1. HUBUNGAN PEMASOK YANG SALING MENGUNTUNGKAN

Organisasi dan pemasok memiliki hubungan yang saling tergantung satu dengan lainnya. Diperlukan suatu hubungan yang saling menguntungkan akan meningkatkan kemampuan bersama dalam menciptakan nilai tambah Organisasi Pendidikan.

Dengan mempelajari dan memahami konsep 8 prinsip ini, diharapkan implemetasikan Sistem Mutu (Seperti ISO 9001/SPMI/SPMP) dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Untuk penjelasan detailnya, silahkan di unduh/ materi slideshare tersebut disini:

8 Prinsip Manajemen Mutu

Demikian, semoga bermanfaat.

 

Salam hormat,

mutupendidikan.com

Pelatihan & Pendampingan


UNDUH MATERI ISO 9001 & IWA2

Silahkan di klik: SMM ISO 9001:2015 & IWA2


INFO PUBLIC TRAINING :

 Silahkan di Klik : Public Training


 

admin

MOTTO: Senantiasa bergerak dan berempati untuk menebar manfaat bagi Mutu Pendidikan di Indonesia

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: