Tinjauan Manajemen

Topik 11: Tinjauan Manajemen (Jum’at)

Tinjauan Manajemen

Sebagai siklus implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI) maka kegiatan evaluasi internal dilakukan secara berkala dan bekelanjutan melalui audit mutu internal (AMI).

Pada dasarnya setiap lembaga Pendidikan melakukan tinjauan manajemen sebagai pelengkap proses audit mutu internal (AMI) dan sebagai pengukur keberhasilan dalam menerapkan mutu.

Beberapa Istilah Yang Memiliki Makna Sama

  1. Kajiulang Manajemen
  2. Tinjauan Manajemen
  3. Management Review
  4. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

Management Review

Merupakan suatu kegiatan berkala yang diterapkan pada suatu organisasi/lembaga Pendidikan dengan tujuan untuk mengevaluasi sistem manajemen mutu.

Mekanisme Management Review

Dalam praktek biasanya lembaga Pendidikan yang menerapkan SPMI akan melakukan meeting untuk melaksanakan management review, yang biasanya dihadiri oleh top management dan para manajer.

Persyaratan Management Review (Menurut ISO 9001)

  • Hasil audit
  • Umpan balik pelanggan
  • Kinerja proses serta kesesuaian
  • Tindakan koreksi, korektif, dan preventif
  • Analisis perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
  • Memuat saran-saran perbaikan

Rules Dalam Management Review

Hasil evaluasi dalam melakukan management review perlu dicatat oleh pihak-pihak terkait dan disajikan dalam bentuk laporan tertulis, hal ini dilakukan dengan tujuan agar segera dilakukan tindakan perbaikan.

Kajiulang Manajemen

Merupakan proses terencana, melibatkan sistem mutu organisasi yang menunjukan adanya kepemimpinan dan komitmen manajemen puncak.

Tujuan Kajiulang Manajemen

  • Memfokuskan pada kebijakan dan tujuan manajemen puncak dalam sistem mutu
  • Mencari cara-cara untuk meningkatkan mutu
  • Mengkajiulang komitmen terhadap sumberdaya dan fasilitas
  • Menilai efisiensi sistem mutu

Bahan/Input Kajiulang Manajemen

  • Hasil audit eksternal dan internal
  • Umpan balik dari pelanggan (keluhan siswa, tracer study, survey kepuasan)
  • Kinerja proses & kesesuaian kompetensi/ kinerja dosen
  • Status tindakan perbaikan dan pencegahan (PTK)
  • Tindak lanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya
  • Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
  • Rekomendasi untuk meningkatkan mutu

Output Kajiulang Manajemen

  1. Peningkatan keefektifan dari SPMI. Kualitas layanan Pendidikan maupun prosesnya
  2. Solusi terhadap kebutuhan sumber daya
  3. Peningkatan kesesuaian layanan terhadap harapan konsumen

Misal: Komplain mahasiswa telah ditindak lanjuti dengan cepat, menjadi maksimal  2 hari, dari sebelumnya 1 minggu.


Video: Tinjauan Manajemen


Materi (untuk download)


Latihan Soal

Seringkali dijumpai pelaksanaan tinjauan manajemen “hanya” dilakukan 1 kali dan 1 semester. Menurut saudara apakah efektif? Berikan argumentasi saudara…

Catatan:

  • Hanya untuk latihan, tidak perlu dikumpulkan.
  • Bila ada pertanyaan dapat memanfaatkan forum diskusi group WA

Penutup

Yes… senang sekali topik ini bisa diikuti dengan baik. Semangat….yuk kita rayakan!

Bunga-untuk-SPMI
“Minds are like flowers; they open only when the time is right.”

Selingan teka-teki jenaka: Gajah apa yang belalainya pendek? Jawaban: Gajah pesek.

Catatan: Agar dapat membuka materi selanjutnya, silakan klik tombol hijau “tandai selesai” di bagian bawah.

×

Layanan Informasi

× Hubungi Kami