Menyusun Standar SPMI yang mengacu BAN-PT / LAM Copy

Topik 7: Menyusun Standar SPMI (Kamis)


Menyusun Standar SPMI

Standar SPMI adalah dokumen berisi berbagai kriteria, ukuran, patokan, atau spesifikasi dari setiap kegiatan penyelenggaraan pendidikan tinggi suatu Perguruan Tinggi untuk mewujudkan visi dan misinya, sehingga terwujud budaya mutu di perguruan tinggi tersebut.

Dokumen standar SPMI terdiri atas Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh internal Perguruan Tinggi.

Dengan mempertimbangkan laporan evaluasi diri / analisis SWOT, Lembaga pendidikan diharapkan dapat menyusun standar SPMI yang SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, Timed)


SPMI dan Sasaran Mutu
Sasaran mutu yang SMART, bisa?

Berikut jenis-jenis standar yang wajib disusun oleh Perguruan Tinggi berdasarkan Permendikbud No.3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi:

Standar Pendidikan

  1. Standar Kompetensi Lulusan: Merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan.
  2. Standar Isi Pembelajaran: Kriteria minimal tingkat kedalaman dan keluasan materi pembelajaran.
  3. Standar Proses Pembelajaran: Merupakan kriteria minimal tentang pelaksanaan pembelajaran pada program studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.
  4. Standar Penilaian Pembelajaran: Kriteria minimum tentang penilaian proses hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan: Kriteria minimal tentang kualifikasi dan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan untuk menyelenggarakan pendidikan dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran: Kriteria minimal tentang sarana dan Prasarana pembelajaran pada Universitas/Fakultas /program studi.
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran: Adalah pedoman pengelolaan di institusi  penyelenggara pelayanan pendidikan (pendidikan akademik, profesi, ataupun vokasi) di lingkungan Perguruan Tinggi.
  8. Standar Pendanaan dan Pembiayaan Pembelajaran: Kriteria minimal tentang komponen dan besaran biaya investasi dan biaya operasional yang disusun dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.

Goals give meaning to life. – Richard Layard


Standar Penelitian

  1. Standar Hasil Penelitian: Kriteria minimal semua luaran yang dihasilkan melalui kegiatan penelitian yang sesuai otonomi keilmuan dan budaya akademik.
  2. Standar Isi Penelitian: Kriteria minimal tentang kedalaman dan keluasan materi penelitian.
  3. Standar Proses Penelitian: Kriteria minimal tentang kegiatan penelitian yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.
  4. Standar Penilaian  Penelitian: Kriteria minimal penilaian terhadap proses dan hasil penelitian.
  5. Standar Peneliti: Kriteria minimal kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian.
  6. Standar Sarana dan Prasarana Penelitian: Kriteria minimal sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan isi dan proses dalam rangka memenuhi hasil penelitian.
  7. Standar Pengelolaan Penelitian: Kriteria minimal perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan dan evaluasi, serta pelaporan kegiatan penelitian.
  8. Standar pendanaan dan Pembiayaan Penelitian: Kriteria minimal sumber dan mekanisme pendanaan dan pembiayaan penelitian yang berasal dana penelitian internal pergruan tinggi, pemerintah, kerja sama dengan lembaga lain.

SPMI, Budaya Mutu & Perencanaan Karir Individu
Commit to revolutionary goals, but take evolutionary steps”.  – Gary Hamel

Standar Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)

  1. Standar Hasil PkM: Kriteria minimal hasil pengabdian kepada masyarakat dalam menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Standar Isi PkM: Kriteria minimal tentang kedalaman dan keluasan materi pengabdian kepada masyarakat.
  3. Standar Proses PkM: Kriteria minimal tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan.
  4. Standar Penilaian PkM: Kriteria minimal tentang penilaian terhadap proses dan hasil pengabdian kepada masyarakat.
  5. Standar Pelaksana PkM: Kriteria minimal kemampuan pelaksana untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Standar Sarana dan Prasarana PkM: Kriteria minimal sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan isi dan proses dalam rangka memenuhi hasil PkM.
  7. Standar Pengelolaan PkM: Kriteria minimal perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan dan evaluasi, serta pelaporan kegiatan PkM.
  8. Standar pendanaan dan Pembiayaan PkM: Kriteria minimal sumber dan mekanisme pendanaan dan pembiayaan pengabdian kepada masyarakat.

Contoh Standar Lainnya (Inspirasi)

Perguruan Tinggi diharapkan dapat terus meningkatkan standar yang dimiliki, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Tujuannya agar menjadi Perguruan Tinggi “The Best” / terbaik di bidangnya, dengan jalan “melampaui” Standar Nasional Pendidikan yang ada. Berikut sebagai contoh standar-standar lainnya:

  • Standar Kerjasama: Kriteria minimal pedoman pengelolaan kerjasama yang dibuat institusi.
  • Standar Perencanaan Anggaran Tahunan: Kriteria minimal acuan yang digunakan dalam membuat rencana anggaran tahunan di masing-masing unit (universitas, fakultas, jurusan/prodi, lembaga, biro, kabag, dan kasubbag)
  • Standar Kebersihan: Kriteria minimal dalam menentukan kebersihan yang digunakan untuk penyelenggara pelayanan pendidikan (pendidikan akademik, profesi, dan vokasi)
  • Standar Sistem Informasi: Kriteria minimal Sistem Informasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM.
  • Standar yang terkait dengan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Tantangan Organisasi

Merumuskan standar apa saja yang perlu dikembangkan untuk menunjang “keunggulan” / “keunikan” / “positioning” Perguruan Tinggi Anda?


Video


Bahan Belajar (untuk diunduh)

Penyusunan Standar SPMI


Latihan Mandiri

Latihan mengkaji ulang Standar di tempat Anda :

  1. Terkait kondisi pandemi saat, sangat dimungkinkan beberapa standar sudah tidak relevan dengan situasi. Menurut saudara, standar-standar apa saja yang sudah tidak relevan?
  2. Terkait Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, ada berapa peluang yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Menurut saudara, standar baru apa yang penting untuk dirancang.

Catatan:

  • Hanya untuk latihan, tidak perlu dikumpulkan.
  • Diskusikan dengan rekan sejawat.
  • Bila ada pertanyaan dapat memanfaatkan forum diskusi group WA atau zoom.

Quote Hari Ini (Renungan)

Achieving the objectives (Standard) means to commit yourself to the quality. – Ungkapan Bijak


Penutup

Alhamdulillah! Senang sekali kita telah berhasil menyelesaikan topik 7 tentang Menyusun Standar SPMI. Mari kita rayakan….Minum es jus jeruk yang kaya vitamin C…memperkuat imun. 🙂

Budaya Mutu, SPMI dan Sikap Kerja
Membangun Optimisme, bisa?

Selingan teka-teki jenaka: Bila gajah jadi ayam, lalu singa jadi ayam, dan kambing jadi ayam, maka ayam jadi apa? Jawaban: Ayam jadi banyak dong 🙂


Catatan: Agar dapat membuka materi selanjutnya, silakan klik tombol hijau “tandai selesai” di bagian bawah.

×

Layanan Informasi

× Hubungi Kami