Kiat Keberhasilan dalam Audit Copy

Topik 6: Kiat Keberhasilan Dalam Audit (Rabu)

Kiat Keberhasilan dalam Audit

Dalam proses berlangsungnya audit dibutuhkan komunikasi efektif agar pelaksanaan audit diharapkan mampu menciptakan sebuah kesimpulan yang berkualitas.

Seorang auditor AMI (perguruan tinggi, sekolah, madrasah) perlu dibekali keterampilan dan teknik komunikasi agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan professional. Keterampilan yang perlu dikembangkan auditor yakni keterampilan mendengar, memahami Bahasa tubuh, keterampilan menulis dengan cepat, dll.

Apa Itu Komunikasi?

Merupakan elemen yang mendasar bagi kehidupan sosial, dimana komunikasi berisi sebuah penyampaian pesan dari satu pihak kepihak lain dengan menggunakan media komunikasi. 

Komunikasi Efektif Dalam Audit

Komunikasi efektif bertujuan untuk membantu auditor dalam menjalankan pekerjaannya. Komunikasi efektif diyakini dapat memperbaiki citra auditor yang dipersepsi hanya mencari kesalahan dari pihak auditee.

Komunikasi Dalam Proses Audit

  • Komunikasi dalam internal tim auditor
  • Komunikasi auditor dengan pihak eksternal
  • Komunikasi antara auditor dengan auditee

Syarat Sukses Audit Mutu Internal (AMI)

  1. Auditor harus memiliki pengalaman
  2. Auditor harus memiliki kualifikasi & sertifikasi
  3. Program serta rancangan audit harus lengkap
  4. Jumlah auditor harus sesuai dengan lingkup audit
  5. Pelaksanaan audit harus ada komitmen dari manajemen.

Kegagalan Komunikasi Dalam Audit

  • Tidak mengklasifikasi dan menghindar persoalan dalam pembahasan/diskusi
  • Adanya suara bising dan gaduh sehingga mengganggu kelancaran proses audit
  • Auditor merespon auditor dengan emosi dan terlalu cepat tanpa difikir terlebih dahulu
  • Auditor tidak menulis dengan cepat mengenai faktor penting yang diaudit
  • Auditor dan auditee hanya mendengarkan sekilas pada bagian tertentu
Komunikasi SPMI dan AMI
“Pentingnya mendengar pesan yang tersurat dan tersirat”

Tips Berkomunikasi Dalam Audit

  • Auditor sebaiknya tidak terlalu banyak bicara
  • Komunikasi merupakan media untuk mencari solusi bukan kesalahan
  • Sebaiknya gunakan pertanyaan terbuka (open question)
  • Auditor merespon jawaban teraudit dengan tepat
  • Tidak menjadi orang dominan dan keras kepala karena komunikasi membutuhkan keterbukaan antar dua belah pihak
  • Kreatif menggunakan berbagai cara/media komunikasi
  • Sebaiknya menjaga penampilan agar lawan bicara kita menjadi lebih respek.

Video: Kiat Keberhasilan dalan Audit


Materi (untuk download)


Latihan Soal

Dalam mendukung keberhasilan proses audit, bagaimana kiat menjadi pendengar yang baik?

Catatan:

  • Hanya untuk latihan, tidak perlu dikumpulkan.
  • Bila ada pertanyaan dapat memanfaatkan forum diskusi group WA

Quote hari ini (Renungan)

“Although we live in an information technology age, we often find ourselves in failure to communicate situations.” (Walau kita hidup di era IT, seringkali kita juga menghadapi kegagalan komunikasi) – Oleh: Johnny Tan


Penutup

Alhamdulillah kita kembali berhasil menyelesaikan topik ini…Yes..Yes..Yes..Semangat!

Bravo-sukses-pelatihan-SPMI-dan-AMI
Sukses Belajar Kiat Keberhasilan dalam Audit

Selingan teka-teki jenaka: Apa bahasa Jepang-nya diskon? Takazimura! 🙂 🙂 🙂

Catatan: Agar dapat membuka materi selanjutnya, silakan klik tombol hijau “tandai selesai” di bagian bawah.

×

Layanan Informasi

× Hubungi Kami