Penugasan Hari Selasa, 28 Sep 2021 (Pekan 2)

Penugasan 2: Hari Selasa, 28 Sep 2021

Semangat Pagi….

Alhamdulillah, masing-masing kelompok telah berlatih mengidentifikasi nama-nama SOP / IK yang dirasa penting untuk dibuat. (tugas hari I)

untuk penugasan hari ini, kita mencoba menjawab pertanyaan:

Apakah nama-nama SOP / IK yang telah di identifikasi, benar-benar penting / diperlukan untuk dibuat di lingkungan PEM Akamigas ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kita dapat melakukan analisis resiko untuk masing-masing usulan SOP / IK. Bila proses/ aktifitas yang akan dibuat SOP/IK memang benar-benar beresiko, maka ada alasan logis untuk dibuat SOPnya. Sebaliknya bila resiko yang akan muncul dirasa kecil, maka dianjurkan tidak perlu dibuat SOP.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk analisis resiko dengan mengunakan matrik resiko.

Contoh Matrik Resiko

Dengan menggunakan matrik resiko, paling sedikit ada 3 bagian atau daerah:

  1. Tingkat resiko yang tinggi yang biasanya digambarkan dengan warna ungu dan merah, menunjukkan sebuah kegiatan membutuhkan pengendalian lebih tinggi (memakai SOP) untuk mengurangi tingkat keparahan.
  2. Kategori tingkat resiko sedang, berada di antara dua daerah (kuning). Setiap kejadian yang jatuh di daerah ini biasanya dinilai sebagai kejadian yang perlu dipantau. Perlukah SOP? Kembali pada kebijakan lembaga masing-masing.
  3. Tingkat resiko yang rendah (warna hijau), kategori resiko kecil atau cukup bisa dikendalikan. Biasanya tidak ada tindakan yang diambil dengan kejadian ini (disarankan tidak perlu SOP atau IK)

Cara menggunakan matrik resiko:

Langkah awal lakukan pendataan risiko-risiko apa saja yang bakal dihadapi oleh proses/ kegiatan yang akan dibuatkan SOP.

Untuk setiap risiko tersebut, kita dapat mengevaluasi dengan melihat 2 dimensi penting yaitu tingkat frekuensi dan tingkat keparahan (severity). Kita dapat menggunakan skala 1 sampai 5 atau 1 hingga 10, dimana 1 untuk frekuensi dan tingkat keparahan paling rendah.

Tugas hari ini:

  1. Lakukan analisis resiko untuk masing-masing usulan SOP / IK yang telah dibuat di penugasan hari 1.
  2. Buatlah laporan singkat beserta rekomendasi SOP apa saja yang perlu dibuat. Kumpulkan dalam format pdf.
  3. Batas waktu pengumpulan maksimal hari Selasa, 28 Sep 2021 pk. 21.00 WIB
  4. Dikumpulkan:
    1. Lembaga Mutu Pendidikan: submit di bawah ini atau di email ke mutupendidikan.info@gmail.com
    2. Email ke SPM PEM Akamigas

Terima kasih, selamat berlatih dan tetap semangat….

Mutu Pendidikan