Tinjauan Manajemen Copy
Topik 11: Tinjauan Manajemen (Jum’at)
Tinjauan Manajemen
Sebagai siklus implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI) maka kegiatan evaluasi internal dilakukan secara berkala dan bekelanjutan melalui audit mutu internal (AMI).
Pada dasarnya setiap lembaga Pendidikan melakukan tinjauan manajemen sebagai pelengkap proses audit mutu internal (AMI) dan sebagai pengukur keberhasilan dalam menerapkan mutu.
Beberapa Istilah Yang Memiliki Makna Sama
- Kajiulang Manajemen
- Tinjauan Manajemen
- Management Review
- Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)
Management Review
Merupakan suatu kegiatan berkala yang diterapkan pada suatu organisasi/lembaga Pendidikan dengan tujuan untuk mengevaluasi sistem manajemen mutu.
Mekanisme Management Review
Dalam praktek biasanya lembaga Pendidikan yang menerapkan SPMI akan melakukan meeting untuk melaksanakan management review, yang biasanya dihadiri oleh top management dan para manajer.
Persyaratan Management Review (Menurut ISO 9001)
- Hasil audit
- Umpan balik pelanggan
- Kinerja proses serta kesesuaian
- Tindakan koreksi, korektif, dan preventif
- Analisis perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
- Memuat saran-saran perbaikan
Rules Dalam Management Review
Hasil evaluasi dalam melakukan management review perlu dicatat oleh pihak-pihak terkait dan disajikan dalam bentuk laporan tertulis, hal ini dilakukan dengan tujuan agar segera dilakukan tindakan perbaikan.
Kajiulang Manajemen
Merupakan proses terencana, melibatkan sistem mutu organisasi yang menunjukan adanya kepemimpinan dan komitmen manajemen puncak.
Tujuan Kajiulang Manajemen
- Memfokuskan pada kebijakan dan tujuan manajemen puncak dalam sistem mutu
- Mencari cara-cara untuk meningkatkan mutu
- Mengkajiulang komitmen terhadap sumberdaya dan fasilitas
- Menilai efisiensi sistem mutu
Bahan/Input Kajiulang Manajemen
- Hasil audit eksternal dan internal
- Umpan balik dari pelanggan (keluhan siswa, tracer study, survey kepuasan)
- Kinerja proses & kesesuaian kompetensi/ kinerja dosen
- Status tindakan perbaikan dan pencegahan (PTK)
- Tindak lanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya
- Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
- Rekomendasi untuk meningkatkan mutu
Output Kajiulang Manajemen
- Peningkatan keefektifan dari SPMI. Kualitas layanan Pendidikan maupun prosesnya
- Solusi terhadap kebutuhan sumber daya
- Peningkatan kesesuaian layanan terhadap harapan konsumen
Misal: Komplain mahasiswa telah ditindak lanjuti dengan cepat, menjadi maksimal 2 hari, dari sebelumnya 1 minggu.
Video: Tinjauan Manajemen
Materi (untuk download)
Latihan Soal
Seringkali dijumpai pelaksanaan tinjauan manajemen “hanya” dilakukan 1 kali dan 1 semester. Menurut saudara apakah efektif? Berikan argumentasi saudara…
Catatan:
- Hanya untuk latihan, tidak perlu dikumpulkan.
- Bila ada pertanyaan dapat memanfaatkan forum diskusi group WA
Penutup
Yes… senang sekali topik ini bisa diikuti dengan baik. Semangat….yuk kita rayakan!

Selingan teka-teki jenaka: Gajah apa yang belalainya pendek? Jawaban: Gajah pesek.
Catatan: Agar dapat membuka materi selanjutnya, silakan klik tombol hijau “tandai selesai” di bagian bawah.