Sebagai siklus implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI) maka kegiatan evaluasi internal dilakukan secara berkala dan bekelanjutan melalui audit mutu internal (AMI).
Pada dasarnya setiap lembaga Pendidikan melakukan tinjauan manajemen sebagai pelengkap proses audit mutu internal (AMI) dan sebagai pengukur keberhasilan dalam menerapkan mutu.
Beberapa Istilah Yang Memiliki Makna Sama
Kajiulang Manajemen
Tinjauan Manajemen
Management Review
Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)
Management Review
Merupakan suatu kegiatan berkala yang diterapkan pada suatu organisasi/lembaga Pendidikan dengan tujuan untuk mengevaluasi sistem manajemen mutu.
Mekanisme Management Review
Dalam praktek biasanya lembaga Pendidikan yang menerapkan SPMI akan melakukan meeting untuk melaksanakan management review, yang biasanya dihadiri oleh top management dan para manajer.
Persyaratan Management Review (Menurut ISO 9001)
Hasil audit
Umpan balik pelanggan
Kinerja proses serta kesesuaian
Tindakan koreksi, korektif, dan preventif
Analisis perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
Memuat saran-saran perbaikan
Rules Dalam Management Review
Hasil evaluasi dalam melakukan management review perlu dicatat oleh pihak-pihak terkait dan disajikan dalam bentuk laporan tertulis, hal ini dilakukan dengan tujuan agar segera dilakukan tindakan perbaikan.
Kajiulang Manajemen
Merupakan proses terencana, melibatkan sistem mutu organisasi yang menunjukan adanya kepemimpinan dan komitmen manajemen puncak.
Tujuan Kajiulang Manajemen
Memfokuskan pada kebijakan dan tujuan manajemen puncak dalam sistem mutu
Mencari cara-cara untuk meningkatkan mutu
Mengkajiulang komitmen terhadap sumberdaya dan fasilitas
Menilai efisiensi sistem mutu
Bahan/Input Kajiulang Manajemen
Hasil audit eksternal dan internal
Umpan balik dari pelanggan (keluhan siswa, tracer study, survey kepuasan)
Kinerja proses & kesesuaian kompetensi/ kinerja dosen
Status tindakan perbaikan dan pencegahan (PTK)
Tindak lanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya
Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
Rekomendasi untuk meningkatkan mutu
Output Kajiulang Manajemen
Peningkatan keefektifan dari SPMI. Kualitas layanan Pendidikan maupun prosesnya
Solusi terhadap kebutuhan sumber daya
Peningkatan kesesuaian layanan terhadap harapan konsumen
Misal: Komplain mahasiswa telah ditindak lanjuti dengan cepat, menjadi maksimal 2 hari, dari sebelumnya 1 minggu.
Seringkali dijumpai pelaksanaan tinjauan manajemen “hanya” dilakukan 1 kali dan 1 semester. Menurut saudara apakah efektif? Berikan argumentasi saudara…
Diskusi dengan rekan2 sejawat, apakah pelaksanaan tinjauan manajemen di Universitas Mercu Buana Yogyakarta sudah efektif dan efisien?
Catatan:
Hanya untuk latihan, tidak perlu dikumpulkan.
Bila ada pertanyaan dapat memanfaatkan forum diskusi group WA
Penutup
Yes… senang sekali topik ini bisa diikuti dengan baik. Semangat….yuk kita rayakan!
Selingan teka-teki jenaka: Gajah apa yang belalainya pendek? Jawaban: Gajah pesek.
Catatan: Agar dapat membuka materi selanjutnya, silakan klik tombol hijau “tandai selesai” di bagian bawah.