Perencanaan Audit

Topik 3: Perencanaan Audit (Selasa)

Perencanaan Audit

Perencanaan audit merupakan sebuah perumusan pengembangan metode dan strategi yang akan dilakukan pada saat proses audit berlangsung. Proses perencanaan audit sangat dipengaruhi oleh informasi yang diperoleh auditor saat melakukan proses audit.

Perencanaan audit juga merupakan total lamanya waktu yang dibutuhkan oleh auditor untuk melakukan perencanaan audit awal sampai dengan pengembangan rencana audit serta program secara menyeluruh.

Pentingnya Perencanaan

Kesuksesan dari sebuah audit sangat tergantung pada perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, oleh karena itu tahap audit merupakan tahapan yang sangat vital dalam proses audit.

Lingkup Perencanaan Audit

  1. Visi, misi, dan struktur organisasi
  2. Ruang lingkup kegiatan
  3. Ruang lingkup pelayanan
  4. Ukuran dan lokasi
  5. Harapan stakeholders
  6. Tujuan dan kebijakan organisasi
  7. Jumlah dan pengalaman auditor
Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi
Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi

Mekanisme Memilih TIM Audit

  1. Ditunjuk oleh Manajer Program Audit Mutu Internal (MP-AMI)
  2. TIM harus disetujui teraudit dan manajemen (Rektor/Dekan)
  3. TIM hanya memiliki 1 orang ketua dan lainya menjadi anggota
  4. Jumlah anggota TIM audit disesuaikan dengan lingkup yang akan diaudit

Peran dan Tanggung Jawab TIM Auditor

  1. Manajer Program Audit Mutu Internal (MP-AMI)
    • Membuat rencana dan melaksanakan kegiatan audit tahunan
    • Memilih, melatih, dan menetapkan kualifikasi auditor
    • Membuat dan melaporkan hasil audit untuk kajiulang oleh manajemen
  2. Ketua TIM Auditor
    • Membuka serta menutup rapat dan menetapkan anggota TIM audit
    • Membuat jadwal dan memimpin kegiatan program audit
    • Membuat keputusan akhir atas hasil temmmuaaan audit
  3. Auditor
    • Mengaudit sesuai dengan lingkup yang akan diaudit
    • Melaksanakan, mengumpulkan, dan menganalisis bukti sesuai dengan kode etik
    • Mampu menjawab segala pertanyaan yang berhubungan dengan lingkup audit
  4. Manajemen Teraudit
    • Memberikan akses fasilitas dan bahan yang diminta auditor
    • Menginformasikan kepada pejabat yang relevan tentang rencana audit
    • Mendampingi tim audit apabila melakukan kunjungan

Langkah-Langkah Dalam Kegiatan Perencanaan Audit

  1. Memahami lingkup dari organisasi/lembaga pendidikan
  2. Memahami dan menilai struktur pengendalian internal
  3. Menentukan tingkat kesalahan yang dapat diterima oleh prosedur
  4. Menentukan tingkat risiko pada awal audit
  5. Melakukan koordinasi dengan auditor lainya
  6. Menyusun rencana program audit

Bagaimana Menetapkan Jadwal Audit

Dalam menetapkan jadwal audit tentunya harus sesuai dengan kesepakatan bersama antara auditor dengan auditee. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah forum untuk membahas mengenai penatapan jadwal audit.

Auditor Harus Melaksanakan Tugasnya Dengan Baik

  • Untuk memperoleh bukti yang kompeten mengenai hal yang akan di audit
  • Membantu menekan biaya selama proses audit
  • Menghindari salah pengertian dengan klien

Video: Perencanaan Audit


Materi (untuk download)


Latihan Soal

  1. “If You Fail To Prepare You Are Preparing To Fail”. Memperhatikan pesan bijak ini, apa yang perlu dilakukan agar pelaksanaan AMI dapat berjalan dengan baik?
  2. Mengapa Visi dan Misi Perguruan Tinggi harus dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan audit?

Catatan:

  • Hanya untuk latihan, tidak perlu dikumpulkan.
  • Bila ada pertanyaan dapat memanfaatkan forum diskusi group WA.

Quote hari ini

“Without leaps of imagination or dreaming, we lose the excitement of possibilities. Dreaming, after all is a form of planning.” – Gloria Steinem


Penutup

Horee… Alhamdulillah, akhirnya satu topik telah kita pelajari, yuk kita rayakan…

Sukses workshop SPMI dan AMI
Sukses Belajar Perencanaan Audit

Selingan teka-teki jenaka: Ikan apa yang kepalanya keras? Jawaban: Ikan pakai helm.

Catatan: Agar dapat membuka materi selanjutnya, silakan klik tombol hijau “tandai selesai” di bagian bawah.

×

Layanan Informasi

× Hubungi Kami