Evaluasi/audit mutu merupakan tahapan pengujian yang sistematis dan independen untuk menentukan apakah pelaksanaan dan hasil pemenuhan mutu sesuai dengan strategi yang direncanakan dan apakah strategi tersebut diimplementasikan secara efektif dan sesuai untuk mencapai tujuan.
Evaluasi
Evaluasi merupakan salah satu bentuk penilaian menggunakan seperangkat standar. Terdapat dua tipe evaluasi berdasarkan sasaran dan tujuan evaluasi yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.
Evaluasi formatif: Evaluasi ini dilakukan untuk memeriksa keterlaksanaan rencana pemenuhan mutu pendidikan yang berjalan di satuan pendidikan. Evaluasi ini fokus pada keterlaksanaan input (anggaran dan sumber daya) dan keterlaksanaan proses (contohnya keterlaksanaan dan kualitas proses pelatihan).
Evaluasi sumatif: Evaluasi ini lebih diarahkan untuk memeriksa hasil dari pelaksanaan pemenuhan mutu pada satuan pendidikan. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan mengacu pada indikator output, outcome dan dampak kegiatan pemenuhan mutu.
Langkah yang dilakukan dalam mengevaluasi pelaksanaan pemenuhan mutu antara lain:
Penetapan indikator evaluasi
Mempelajari indikator kunci kegiatan.
Merumuskan indikator evaluasi.
Menetapkan indikator sebagai referensi dalam penyusunan instrumen.
Penyusunan Instrumen
Menurunkan indikator mutu menjadi butir pertanyaan.
Mengidentifikasi sumber data yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan.
Menyusun instrumen evaluasi.
Menyusun panduan teknis instrumen untuk membantu responden atau sumber data.
Pengumpulan data
Melakukan sosialisasi kepada seluruh responden atau sumber data mengenai kegiatan pengumpulan data (tujuan, isi instrumen, jadwal, responden, petugas yang bertanggung jawab)
Menyebarkan instrumen kepada seluruh responden
Mengumpulkan hasil isian instrumen
Memverifikasi kelengkapan isian instrumen
Mendokumentasikan hasil pengisian dalam bentuk elektronik untuk memudahkan proses analisis
Analisis dan Penyusunan Rekomendasi
Membuat format analisis dengan pendekatan-pendekatan yang dipahami oleh pemangku kepentingan di sekolah.
Mengisi format berdasarkan hasil pengumpulan data.
Menentukan tingkat kesesuaian program/kegiatan dengan rencana dan tingkat pencapaian standar.