• +628123070905
  • mutupendidikan.info@gmail.com

Layanan Tes Psikologi

Tes Psikologi atau Psikotes untuk Sekolah

Layanan Tes Psikologi

“Layanan Tes Psikologi offline/ online untuk Lembaga Pendidikan”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Saat ini ilmu psikologi terapan semakin dirasakan manfaatnya bagi dunia pendidikan, baik di level Perguruan Tinggi, Sekolah / Madrasah tingkat menengah, maupun sekolah tingkat dasar.  Dari dukungan psikologi terapan ini akan mampu memprediksi segenap potensi-potensi yang ada pada segenap anak didik.

Cara umum yang sering digunakan untuk mengungkap potensi tersebut adalah dengan tes psikologi atau lebih sering disebut “psikotes”. Dari berbagai tes yang kami selenggarakan InsyaAllah mampu mengukur antara lain: Potensi Bakat, Minat, Tingkat Kecerdasan dan Kepribadian. Hasil tes ini dapat pula mendukung untuk memberikan arah kelanjutan studi siswa-siswi di sekolah.

Pengukuran aspek psikologi di atas merupakan usaha yang sangat penting dalam usaha memaksimalkan potensi siswa dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil tes diharapkan dapat memberikan masukan dalam menentukan berbagai macam kebijakan pendidikan dan sebagai data yang akurat bagi pemangku kepentingan di dunia pendidikan (Rektor, Kepala Sekolah, Guru, Murid, Orang tua, dll)

Psikotes untuk Lembaga Pendidikan

Visi:

Penjadi pelaksana jasa layanan Tes Psikologi terbaik untuk dunia Pendidikan Indonesia

Misi:
  1. Memberikan jasa layanan psikologi secara profesional berbasis kode etik psikologi dan moralitas agama bagi lembaga pendidikan Indonesia
  2. Mengaplikasikan teori psikologi terapan guna membantu menyelesaikan persoalan individu maupun kelompok di lingkungan dunia pendidikan
  3. Mendukung pengembangan proses pendidikan dan proses pembelajaran.
  4. Mendukung program pengabdian pada masyarakat.
Tujuan Tes Psikologi:
  1. Mengukur kemajuan prestasi siswa/sekolah maupun prestasi umum.
  2. Mengukur Tingkat Kecerdasan Dasar, Bakat, Minat dan Kepribadian siswa/mahasiswa serta potensi Kelanjutan Studi.
  3. Menelusuri problem belajar dan pengarahan selanjutnya/ bimbingan konseling
  4. Melengkapi data siswa agar lebih akurat untuk sekolah/ guru pembimbing dan orang tua
  5. Membantu siswa dalam memilih sekolah lanjutan.
Manfaat Psikotes:
  1. Manfaat bagi Guru Pembimbing :
    • Data informasi yang diperoleh dari psikotes ini akan dapat dipadukan dengan data lain yang relevan dengan data kemajuan akademik/ kegiatan ekstra kurikuler dan masalah lainnya. Dari hasil tes ini diharapkan akan membantu pihak guru pembimbing dalam meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling kepada siswa/mahasiswa secara tepat.
    • Apabila setiap tahun anak menjalani psikotes maka riwayat psikologis anak dapat dimiliki sekolah sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam mengarahkan perkembangan studi anak.
    • Dengan data yang valid dan reliabel, guru pembimbing akan dapat mengarahkan minat, bakat dan potensi siswa agar dapat mencapai prestasi terbaik.
  1. Manfaat bagi Sekolah :
    • Dari hasil pelaksanaan psikotes ini akan dapat membantu ketepatan dalam menyusun kebijakan umum sekolah di masa yang akan datang.
    • Penyusunan Standar SPMI akan lebih akurat dalam memotret kondisi kekuatan dan tantangan yang dihadapi sekolah.
    • Manfaat lain adalah sekolah dapat meningkatkan nilai lebih dimata stakeholder apabila sekolah/perguruan tinggi memiliki kepedulian tidak saja pada perkembangan prestasi belajar siswa namun juga perkembangan psikologis siswa.
  2. Manfaat bagi Orang  Tua Siswa/Mahasiswa :
    • Bermanfaat untuk mengetahui perkembangan psikologis anak dan sebagai pedoman dalam mengarahkan anak terutama untuk perkembangan prestasi belajar dan mengembangkan bakat yang seringkali tidak sejalan dengan minat anak bersangkutan.
    • Sekolah dan Orang tua, bersama-sama dapat mengembangkan berbagai program Parenting yang tepat sasaran. Seringkali, problem pendidikan tidak berasal dari sekolah tapi dari pola pendidikan di rumah.
    • Memberi masukan bagi Komite Sekolah dalam menyusun program kerja yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Dengan informasi hasil tes psikologi yang komprehensif, komite sekolah dapat membantu menyedikan sumber daya yang diperlukan sekolah.
  3. Manfaat bagi Siswa :
    • Dengan mengikuti Psikotes ini, mahasiswa/siswa akan dapat mengetahui seberapa jauh tingkat kemampuan (ability), kecerdasan, minat-bakat serta hal-hal yang ada kaitannya dengan potensi diri siswa.
    • Data ini diharapkan mampu membantu dalam menentukan berbagai keputusan pendidikan siswa di masa yang akan datang.
    • Siswa menjadi sadar akan potensi yang dimiliki dan menjadi termotivasi untuk mengembangkannya.
Layanan Tes Psikologi Pendidikan (offline / online):

Sasaran untuk tingkat SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi

  1. Tes Bakat & Minat (Aptitude Test) : Siswa Kelas I SMA akan dijuruskan ke program yang sesuai dengan Minat, Bakat serta Kemampuan Siswa. Untuk itu dibutuhkan data-data psikologis siswa yang lengkap dan akurat.  Dengan layanan ini, pihak sekolah mendapatkan gambaran mengenai bakat / minat yang dimiliki hingga dapat menyesuaikan diri secara baik dalam bidang pendidikan  dan karier yang sesuai.
  2. Assesment Psikologi / Tes IQ (Manfaat Seleksi Siswa Baru) : Melalui layanan psikologi ini, Perguruan Tinggi/ Sekolah dapat mengetahui gambaran kognisi siswa dalam bentuk tingkat kecerdasan/ intelegensi (IQ). Lembaga pendidikan baik tingkat SD, SLTP, SMU maupun Perguruan Tinggi, dengan jasa layanan ini dapat memperoleh kemudahan dalam penyelenggaraan Seleksi Penerimaan Siswa & Mahasiswa Baru setiap tahunnya.
  3. Pemilihan Jurusan/ Fakultas Di Perguruan Tinggi : Permasalahan yang sering dialami baik oleh siswa maupun orang tua murid adalah: Jurusan atau fakultas apa yang akan dipilih di perguruan tinggi yang sesuai dengan Minat, Bakat serta Potensi Siswa. Tes Psikologi akan membantu mengungkap minat, bakat serta potensi siswa agar tidak salah dalam memilih jurusan yang tepat.
Potensi Siswa yang akan di telusuri:
  1. Potensi Kepribadian, yang meliputi aspek : Motivasi Kerja, Optimisme, Sosialisasi, Kecepatan Kerja, Ketelitian Kerja, Kreativitas.
  2. Kemampuan Umum, yang meliputi  aspek : Intelegensi Umum, Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerical, Logika Abstrak, Mekanika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Minat Subjek.
  3. Saran-saran untuk potensi keberhasilan studi lanjut. Informasi yang diungkap meliputi dinamika psikologis yang berpengaruh terhadap kelanjutan studinya serta rekomendasi terhadap hal-hal yang perlu dipertahankan, ditingkatkan, maupun perkembangan yang perlu diwaspadai.

Baca juga: Prinsip Penting dalam Tes Psikologi

Biaya/ketentuan Pelaksanaan Tes:
  1. Pelaksanaan Tes Psikologi dapat dilakukan secara Offline atau Online.
  2. Permintaan minimal 40 Siswa.
  3. Biaya transport dan akomodasi dibebankan pihak sekolah.
  4. Biaya Pelaksanaan Tes berkisar antara Rp. 100.000,- sd Rp. 400.000,- / siswa.  Hubungi Customer Service kami untuk penjelasan detail.
  5. Hasil Tes Psikologi akan disampaikan sesuai jadwal yang disepakati.
  6. Pelayani permintaan tes psikologi untuk wilayah seluruh Indonesia.

Demikian uraian singkat tentang Penawaran Layanan Tes Psikologi untuk lembaga pendidikan, semoga bermanfaat. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, mohon tidak ragu untuk menghubungi kontak dibawah ini, terima kasih.


Kontak Kami:
Hubungi Customer Service (Klik disini)

Kata kunci untuk mempermudah pencarian: Penawaran Layanan Tes Psikologi, psikotes sma, psikotes smp, psikotes perguruan tinggi, psikotes minat bakat, psikotes penjurusan, tes psikologi, psikotes, tes minat

%d bloggers like this: