• +628123070905
  • mutupendidikan.info@gmail.com

Manfaat Tes Minat & Bakat

Tes Minat dan Tes Bakat Siswa

Manfaat Tes Minat & Bakat

Apa kabar teman-teman semua, pada kesempatan kali ini, tim Mutu Pendidikan akan mencoba menguraikan beberapa manfaat dari tes minat dan tes bakat untuk siswa.

Tes minat & bakat adalah salah satu bagian dari psikotes yang kerap kali dilakukan oleh berbagai Institusi pendidikan. Institusi pendidikan, menggunakan tes ini untuk mengembangkan keseluruhan potensi minat dan bakat siswa. Sesuai dengan sebutannya, tes minat & tes bakat ini bertujuan utama untuk mengungkap/ menelusuri bakat dan juga minat siswa. Tes ini juga dapat melihat beberapa kecenderungan kepribadian dan juga melihat potensi inteligensi siswa.

Berikut akan diuraikan mengapa tes minat & tes bakat itu penting untuk mahasiswa maupun siswa siswi sekolah:

Mengenal diri sendiri (Understanding Self)

Tes minat dan tes bakat membantu siswa siswi sekolah untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Seringkali dijumpai siswa siswi sekolah belum mengenal dengan baik siapa dirinya, apa kelebihannya, apa kelemahannya, apa hobinya, dan apa yang menarik dari dirinya.

Mengenal & Mengembangkan bakat Siswa

Di sekolah-sekolah umumnya terdapat berbagai program ekstra kurikuler. Program ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengasah bakat setiap siswa-siswi di Sekolah. Namun kendalanya, seringkali siswa siswi bingung atau tidak tahu ekskul apa yang cocok untuk diikuti. Celakanya siswa-siswi memilih ekskul bukan berdasarkan bakat yang ada, tetapi karena pengaruh ikut-ikutan teman-teman kelompoknya.  

Disinilah fungsi utama tes minat dan bakat. Melalui tes minat & tes bakat, akan terlihat pola kecenderungan bakat siswa, dan dapat menjadi bahan pertimbangan atau rekomendasi kegiatan ekskul yang sesuai untuk siswa-siswi tersebut.

Membantu Siswa mendapatkan jurusan yang tepat

Dengan tes minat & tes bakat, akan terlihat secara umum seorang siswa memiliki arah peminatan tertentu. Dengan informasi ini, pihak sekolah akan lebih mudah mengelompokkan peminatan siswa-siswi, seperti misalnya apakah siswa-siswi akan diarahkan masuk ke jurusan IPA, IPS, atau jurusan lainnya.

Baca juga: 8 Manfaat Psikotes dalam bidang pendidikan

Memotivasi & Membangun masa depan

Siswa sekolah adalah generasi penerus bangsa masa depan, untuk itu harus dibina dan juga dididik agar bisa menjadi penerus & pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Tes minat dan bakat ini dapat membantu siswa siswi untuk melihat kemampuan dan bakat yang mereka miliki. Kedepan hasil tes minat bakat ini dapat menjadi acuan bagi siswa siswi untuk memilih perguruan tinggi dan jurusan yang tetap sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Demikan beberapa manfaat penting tes psikologi minat dan bakat siswa. Melalui tes minat dan bakat, pihak sekolah, orangtua, dan siswa siswi  akan memiliki pemahaman yang lebih baik dan juga mendalam mengenai minat dan juga bakat yang mereka dimiliki.

Demikan, semoga penjelasan singkat ini dapat bermanfaat.

Salam hormat,

mutupendidikan.com


Layanan Jasa Psikotes / Tes Psikologi
>>> Informasi Tes Psikologi untuk Mutu Pendidikan <<<

Kata kunci untuk memudahkan pencarian blog ini: tes minat bakat, psikotes, tes psikologi

IKUTILAH PELATIHAN SPMI & AUDIT MUTU INTERNAL (4 days)

  • 8-11 Oktober 2019, Neo Hotel, Jl. Jawa 17 Gubeng, Surabaya
  • 26-29 Nopember 2019, Alia Cikini Hotel, Jl. Cikini Raya 32 (Depan TIM) Jakarta Pusat.
  • 17-20 Desember 2019, Cordela Kartika Dewi Hotel, Jl. Bhayangkara 35, Ngampilan, Yogyakarta.

Keunggulan: "Small Class" agar diskusi lebih interaktif sesuai kasus & permasalahan di lembaga masing-masing. Mengacu 9 kriteria BAN-PT (IAPT 3.0 & IAPS 4.0) 

Bonus: Akses fasilitas E-Learning Mutu Pendidikan. Narasumber: Praktisi SPMI, ISO 21001:2018 & Audit Mutu Internal

Klik Disini...
Avatar
admin

MOTTO: Senantiasa bergerak dan berempati untuk menebar manfaat bagi Mutu Pendidikan di Indonesia

Leave a Reply